Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah Pantau Pelaksanaan Program Revitalisasi Bahasa Daerah di Kota Palangka Raya

Palangka Raya – Dalam rangka pemantauan pelaksanaan kegiatan di kabupaten/kota, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, M.Hum., berkunjung ke Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya pada Senin, 3 Oktober 2022. Dalam kunjungannya, Kepala Balai melakukan koordinasi sekaligus menyatukan persepsi terkait dengan tindak lanjut Revitalisasi Bahasa Daerah di Kota Palangka Raya.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, S.Pd., M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya telah mengadakan pertemuan dengan para guru utama di Kota Palangka Raya. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas bahkan mengukuhkan para guru utama tersebut dengan menerbitkan surat keputusan. Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas tindak lanjut dari Pelatihan Guru Master atau Guru Utama Revitalisasi Bahasa Dayak Ngaju yang diselenggarakan di Aquarius Boutique Hotel, Sampit, pada tanggal 25 s.d. 29 Juli 2022 lalu. Disepakati pula bahwa para guru utama perlu mendiseminasikan hasil pelatihan kepada sesama guru, sedangkan pembelajaran di kelas terhadap siswa akan diintegrasikan ke dalam mata pelajaran di sekolah. Jayani juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan para kepala sekolah untuk memantau perkembangan pelaksanaan proses pembelajaran di tingkat sekolah dan mempersiapkan siswa menuju Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi satu bulan mendatang.

Selanjutnya Kepala Balai berharap proses diseminasi yang dilakukan oleh guru utama kepada sesama guru dan pembelajaran di kelas kepada siswa di Kota Palangka Raya berjalan sesuai dengan rencana. Metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan dari guru tentu akan sangat mendukung kreativitas siswa dalam mempertahankan bahasa daerahnya. Pada akhir pertemuan Kepala Balai juga menyampaikan bahwa BBPKT siap mendukung pelaksanaan program berupa pendampingan atau penyediaan bahasawan jika diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *