Sosialisasi Giat UKBI Adaptif Merdeka

#infoBBPKT

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Sosialisasi Giat UKBI Adaptif Merdeka bagi Pelajar SLTP dan SLTA dari tanggal 16 s.d. 30 September 2021. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan peserta dari 13 kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan yang berlangsung selama 12 hari itu dihadiri oleh 2.500 orang yang terdiri atas para pelajar kelas VII hingga XII beserta guru pembimbing.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, M.Hum. Kepala Balai dalam sambutannya menyampaikan bahwa Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) bertujuan menguji kemahiran seseorang dalam menerapkan dan memahami Bahasa Indonesia baik lisan maupun tulis. UKBI juga diharapkan menjadi sarana persiapan untuk menghadapi asesmen nasional bagi pelajar. Para pelajar diimbau untuk mengikuti sosialisasi dan mengerjakan tes UKBI dengan baik.

Pada kegiatan tersebut, Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah memperkenalkan UKBI Adaptif Merdeka. UKBI Adaptif merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi. Jika pada model pengujian UKBI sebelumnya dilakukan berbasis kertas dan luring, maka pada UKBI Adaptif Merdeka semua tahapan pelaksanaan ujinya dilakukan secara daring.  Melalui UKBI Adaptif Merdeka peserta dapat mendaftar dan mengerjakan tes UKBI secara fleksibel, kapan, dan di mana pun selama jaringan internet dan peralatan pendukung tersedia.

Pada saat kegiatan berlangsung para pelajar diperkenalkan lebih akrab dengan UKBI, termasuk proses pendaftaran dan simulasi pengerjaannya. Sosialisasi terus digencarkan untuk menarik minat para peserta dari kalangan siswa SLTP dan SLTA yang mendapatkan fasilitas gratis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Beberapa kepala sekolah dan perwakilan guru menyambut baik dan positif kegiatan yang sarat manfaat itu. Kegiatan tersebut juga mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah sebab membantu para siswa mengukur tingkat kecakapan berbahasa Indonesia. Mereka berharap kegiatan serupa terus dapat dilaksanakan sebagai bentuk usaha nyata pemartabatan dan menunjukkan sikap positif terhadap bahasa Indonesia di Provinsi Kalimantan Tengah.

Diinformasikan pula, giat UKBI Adaptif Merdeka ini merupakan program Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini menyasar seluruh pelajar di Kalimantan Tengah dan program ini akan berakhir pada tanggal 30 Oktober 2021. Sekolah-sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah yang belum mendapat kesempatan mengikuti sosialisasi ini dapat menghubungi tim pengelola UKBI Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

Jumlah pelajar yang mendaftar tes UKBI sampai saat ini mencapai 1012 orang, dan yang sudah melaksanakan tes berjumlah 515 orang. Jumlah peserta diharapkan terus  bertambah setiap harinya sampai batas waktu program berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *